Beranda » Wisata » Keindahan Objek Wisata Pantai Papuma Jember

Keindahan Objek Wisata Pantai Papuma Jember Nama Papuma sendiri memang dari kepanjangan “Pasir Putih Malikan”. Memang pantai yang berlokasi di Jember ini mempunyai pasir putih yang sangat menawan. Belum lagi dengan kesejukan yang dihasilkan dari hembusan air laut yang menyegarkan. Tak heran jika banyak pengunjung yang enggan meninggalkan tempat ini meski sudah dari pagi menikmati suasana pantai yang ada.

Perbukitan yang terdapat di sekeliling pantai juga semakin menambah asrinya suasana yang ada. Bagi Anda yang ingin berenang tentunya jangan khawatir. Di tempat ini Anda diperkenankan untuk berenang di laut di area yang sudah ditentukan, memang terdapat area-area tertentu yang sudah ditetapkan petugas.

Indahnya pemandangan yang ada serta suasananya yang masih alami juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat kegiatan outbound atau berkemah. Bisa dikatakan Pantai Papuma Jember merupakan tempat outbound jember yang mana sangat cocok sekali untuk kegiatan tersebut.

 

Mitos Pantai Papuma Jember

Seperti objek wisata lainnya, di Pantai Papuma ini juga terdapat beberapa mitos yang sangat dipercaya masyarakat sekitar. Nah, berikut ini beberapa mitos yang ada di antaranya:

 

  1. Ombak selalu meminta korban

Mitos yang pertama ini semakin dipercaya dengan banyaknya wisatawan yang terseret gulungan ombak yang memang ganas di pantai ini. Konon banyak diperbincangkan, Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatanlah yang meminta korban tersebut.

 

  1. Batu karang tak bernama dihuni ular berbisa

Di pantai ini juga terdapat tujuh batu karang yang memang menyerupai pulau kecil. Masing-masing batu karang tersebut mempunyai nama, kecuali satu yang tak bernama. Batu karang yang tidak bernama inilah yang mana dipercaya masyarakat dihuni oleh sekawanan ular berbisa. Tak heran karena tidak ada masyarakat yang berani mengunjunginya.

Baca Juga : Harga Tiket Pemandian Patemon Tanggul

  1. Terdapatnya gua lawa

Adanya gua lawa ini ada di salah satu batu karang yang mempunyai ceruk kecil. Gua yang hanya dapat dilihat saat air laut sedang surut ini dipercaya merupakan tempat bersemayamnya salah satu putri penguasa pantai selatan yakni adalah Dewi Sri Wulan.

 

  1. Terdapatnya batu malikan

Mitos yang terakhir adalah adanya Batu Malikan yang mana merupakan batu datar berbentuk mirip kerang dengan ukuran sangat besar. Konon, batu ini Raden Mursada serta Joko Samudera memancing ikan ajaib Raja Mina, namun ikan tersebut dilepaskan lagi. Untuk membalas jasanya, mereka berdua kemudian diberi cemeti sakti. Ketika mereka memancing kembali di lokasi tersebut, ular raksasalah yang tersangkut di kailnya. Akhirnya, ular tersebut yang didapatkan dibelah menjadi tiga menggunakan cemeti.

 

Lokasi Pantai Papuma Jember

Pantai yang memiliki pemandangan indah ini masih merupakan rangkaian dari pantai selatan, lokasinya terletak di Desa Lojejer, Wuluhan, Jember. Akses menuju lokasi memang sangatlah mudah untuk dijangkau. Kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa dapat dengan mulus melewati jalan yang ada karena infrastruktur jalannya sudah memadai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan untuk dapat menuju lokasi. Masyarakat sekitar pun dengan ramah akan memberi arahan saat Anda bertanya mengenai objek wisata ini.

 

Tiket Masuk Pantai Papuma

Mengenai harga tiket masuknya bisa dibilang cukup murah. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang disaat weekday dan saat weekend Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 17.500 per orangnya.

Harga ini tetap masih berlaku sampai akhir tahun 2020, namun bisa sewaktu-waktu berubah tergantung dari pihak pengelola. Terjangkaunya harga tiket masuk mulai dari kalangan bawah inilah yang membuat Pantai Papuma menjadi salah satu objek wisata favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk berlibur di objek wisata ini, jangan takut dahulu dengan harga tiket masuk wisata Pantai Papuma jember ini ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!